728x90 AdSpace

latest post
Tuesday, December 13, 2016

Demam Berdarah Dengue, Gejala Awal Serta Fase Setelah Terjangkit

demam berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit atau gejala yang disebabkan oleh gigitan nyamuk 
Demam berdarah atau yang biasa dikatakan demam dengue adalah penyakit yang disebabkan karena terjangkit virus dengue. Virus ini tak lain disebabkan karena gigitan nyamuk atau beberapa jenis nyamuk yang tiap jenisnya membawa virus yang beragam.


Apabila orang yang mengalami demam jenis ini, maka penderita seakan - akan merasakan nyeri yang amat sangat hebat seperti tulang - tulang berasa akan patah. Selain itu gejala lain yang biasa terjadi selain itu adalah; sakit kepala, munculnya bercak kemerahan pada kulit yang sekilas nampak seperti campak ) dan nyeri otot serta persendian.


Namun sering dijumpai pada sejumlah pasien bahwa demam dengue sendiri dapat berubah dari satu menjadi dua bentuk penyakit yang mengancam jiwa. Yang pertama dari parubahan tersebut yaitu Demam Berdarah, hal ini menyebabkan kebocoran pembuluh darah dan rendahnya trombosit dalam darah yang menyebabkan darah membeku. Kemudian yang kedua yaitu Sindrom Renjat Dengue yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.


Gejala Demam Dengue BerdarahPada umumnya orang yang mengidap demam ini tidak menunjukan gejala - gejala yang berarti, dan bisanya akan mengalami demam dan sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang hingga tahap yang lebih parah akan datang secara tiba - tiba. Berikut gejala - gejala demam dengue yang mulai menyebar;
  • Naiknya suhu badan hingga +40 derajat celcius
  • Tubuh serasa menggigil
  • Nefsu makan berkurang
  • Badan kurang berstamina
  • Kepala dan tenggorokan terasa sakit
  • Wajah menjadi kemerah - merahan
  • Bagian otot, tulang dan sendi terasa nyeri
  • Mual - mual hingga muntah secara tiba - tiba
  • Bagian belakang mata juga terasa nyeri
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Munculnya bercak merah seperti campak di kulit terutama pada anak - anak

Pada kasus lain virus ini juga mengakibatkan radang gusi dan gusi berdarah serta mimisan yang mendadak. Namun gejala ini juga jarang ditemui pada pasien secara umum, atau secara gampang hanya di temui pada pasien yang sudah terjangkit cukup parah.

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, memang gejala ini jika bagi orang awam bisa dianggap demam biasa, namun jangan salah. Jika kita sembrono dan menganggap remeh dengan penyakit ini, maka akan berdampak buruk bagi diri anda maupu kerabat anda.

Jika sekilas ada beberapa gejala diatas nampak atau dialami oleh kerabat anda, tidak salah jika segera di rujuk ke puskesma atau petugas medis terdekat. Karena biasanya petugas medispun akan mengenali gejala demam dengue hanya dengan memeriksa gejala - gejala yang dialami oleh si pasien tersebut. Namun untuk memperkuat diagnosis para dokter bisanya melakukan pemeriksaan pada darah untuk mendeteksi keberadaan virus dengue tersebut apakah menjangkit tubuh si pasien. Karena dalam beberapa kasus laian yang menyebabkan gejala serupa yang menyerupai demam dengue, maka pemeriksaan darah juga sangat penting dilakukan.

PenularanPenyakit demam dengue ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan ke manusia lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Nyamuk jenis ini biasanya mulai mencari makan pada pagi hingga sore hari, berbeda dengan jenis - jenis nyamuk pada umunya yang kebanyakan mencarai makan ketika hari sudah mulai gelap. Dalam kasus ini banyak di temukan bahwa nyamuk jenis Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus mempunyai habitan di perairan tenang seperti yang banyak kita jumpai di lingkungan tempat kita tinggal seperti selokan yang tersumbat, genangan air pada bak, bak kamar mandi dan beberapa tempat yang memiliki genangan air yang tenang. Hal itu di maksudkan bahwa nyamuk ini mencari tempat yang tenang untuk berkembang biak.

Pada umumnya virus dengue sendiri digolongkan menjadi 4 tipe yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3 dan DEN 4. Orang yang pernah terjangkit salah satu dari ke empat virus ini biasanya akan kebal terhadap virus itu untuk seumur hidup. Namun walaupun begitu masih belum ada kata aman untuk orang tersebut, pasalnya masih ada kemungkinan jika salah satu dari virus berbeda masih bisa menjangkit.


Penanganan

Sebenarnya jika faham akan gejala awal dari penyakit dengue ini kecil kemungkinan virus ini akan menyebar secara luar menyerang tubuh kita. Namun jika kita menganggap sepele gejala yang serupa dengan virus ini tentunya akan bahaya jika kita benar - benar terjangkit virus dengue.


Namun akan lebih amannya, jika ada gejala awal yang menyerupai dengan virus dengue, segera periksakan ke dokter. Karena dokter akan segera memeriksa lebih lanjut untuk melihat keberadaan virus dengue di dalam darah dan memastikan apakah gejala yang ada memang disebabkan oleh demam dengue atau gejala lain.


Apabila dokter memfonis kita positif mengalami demam dengue, maka saran pengobatan pada umum yang diberikan oleh dokter biasanya;
  • Memperbanyak istirahat
  • Banyak minum untuk mencegah dehidrasi ( untuk mengganti cairan tubuh akibat demam dan muntah - muntah )
  • Mangkonsumsi parasetamol dan acethaminophen untuk pereda demam dan nyeri
  • Istirahat total sampai kondisi benar - benar pulih
Sealain itu biasanya dokter juga memberi saran agar tidak mengkonsumsi ibuprofen, aspirin ataupun naproxen sodiun sebagai pereda demam dan nyeri. Karena menurut dokter, ketiga obat tersebut dapat memicu pendarahan internal jika dikonsumsi oleh penderita demam dengue.Biasanya jika kita benar - benar mengikuti petunjuk dokter, demam dengue ini akan segera pulih dalam kurun waktu 3-5 hari. Namun dalam beberapa kasus, bagi orang yang telah sembuh dari demam dengue ini membutuhkan waktu beberapa hari agar kondisinya benar - benar fit. Karena setelah pulih dari demam dengie ini tubuh serasa lemas dan kurang bertenaga, disebabkan efek - efek dari gejala demam seperti muntah - muntah tadi.


Pencegahan Setelah mengetahui beberapa masalah yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk di atas. Cara terbaik untuk mencegah menularnya penyakit ini adalah, tetap menjaga lingkungan kita senantiasa bersih agar nyamuk jenis ini tidak berkembang biak secara bebas. Berikut beberapa kiat agar lingkungan kita aman dari serangan nyamuk ini.

1. Rutin membersihkan bak mandi, minimal 2 minggu sekalai
2. Membersihak selokan agar tidak tidak ada genangan air tidak dijadikan nyamuk untuk berkembang     biak
3. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air, seperti kaleng dan botol bekas
4. Menutup bak penampungan air yang jarang dipakai
5. Memasang kawat lembut pada fentilasi kamar atau rumah kita
6. Memasang kelambu pada tempat tidur
7. Memakai lotion anti nyamuk ketika beraktifitas dan memasang anti nyamuk bakar atau elektrik di rumah atau di kamar.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Demam Berdarah Dengue, Gejala Awal Serta Fase Setelah Terjangkit Rating: 5 Reviewed By: Unknown