728x90 AdSpace

latest post
Saturday, December 10, 2016

Jenang Mirah Sensasi Kelembutan Kuliner Asli Ponorogo

Seputar Ponorogo,- Selain dikenal dengan kesenian Reyognya, Ponorogo senidiri juga memiliki beragam wisata yang menarik. Salah satunya yang akan kita bahas yaitu wisata kuliner asli Ponorogo yaitu jenang mirah.

jenang mirah
jenang Mirah

Mengenal Jenang Mirah


jenang mirah memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang legit
Nama jenang Mirah mungkin sudah umum terdengar di telinga kita bukan. Jenang ini sudah populer sejak puluhan tahun yang lalu. Nama jenang Mirah sendiri diambil dari nama orang yang pertama kali membuat jenang ini yaitu Bu Mirah, seorang warga Desa Josan, Kecamatan Jetis, Ponorogo. Pada awalnya beliau hanya menjajakan makanan ini dengan cara berkeliling dari desa ke desa, pasar, bahkan ketika stasiun di daerah itu masih beroprasi beliau juga menjajakan jenang ini ke stasiun itu juga. Karena rasanya yang khas dan legit serta kegigihannya menjajakan jenang ini. Akhirnya jenang ini mulai dikenal dan disukai oleh masyarakat. Bahkan saat ini jajanan ini tidak lagi dijajakan dengan cara keliling. Akan tetapi sudah berkembang menjadi setra industri rumahan. Tidak sampai di situ saja, walaupun pembuatan jenang ini sudah diturunkan ke anaknya, nama jenang ini pun masih mengangkat nama Bu Mirah sebagai nama merk jenang ini. Di Ponorogo sendiri Jenag Mirah juga dikenal sebagai salah satu makanan khas oleh - oleh dari Ponorogo.



Kenapa Jenang Mirah Sangat Spesial ?
Jenang Mirah ini mungkin sedikit berbeda dengan olahan jenang pada umumnya. Walaupun terlihat seperti lem namun jenang mirah ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak lengket. Apalagi dengan cara pengolahan jenang yang masih menggunakan cara yang tradisonal dan tanpa bahan pengawet membuat jenang ini terjaga kelegitannya dan sangat aman untuk sikonsumsi.



Jenang ini sendiri terbuat dari bahan yang sangat alami seperti beras ketan, gula jawa dan santan. Diolah dengan cara tradisional menggunakan tunggu dan kayu bakar. Tujuan dari menggunakan kayu bakar sendiri selain lebih irit juga mempertahankan cita rasa dari jenang itu sendiri. Walaupun cara memasak adonan jenang ini cukup berat namun dengan keuletan tersebut tercipta makanan khas yang saat ini cukup terkenal bahkan dari usaha para TKW, jenang ini juga mulai terkenal di luar negeri juga.



Karena jenang Mirah ini memiliki cita rasa yang khas dari paduan gula jawa dan santan sehingga jenang Mirah menghasilkan rasa manis yang khas. Selain itu ketika kita mulai menyicipi jenang ini, kita akan merasakan teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal sehingga memberikan sensasi tersendiri ketika menikmatinya. Tidak heran jika jenang Mirah sangat coock dijadikan cemilan ataupun dijadikan oleh - oleh khas dari Ponorogo.


Dimana Kita Bisa Mendapatkannya ?

Memang, jika kita berkunjung ke Ponorogo, belum lengkap rasanya jika pulang hanya dengan tangan kosong. Nah maka dari itu jenang Mirah adalah solusinya.



Untuk mendapatkan jenang ini, kita tidak perlu repot repot datang ke tempat pembuatannya langsung. Karena sekarang sudah banyak di edarkan di toko - toko atau sentra oleh - oleh khas Ponorogo.



Namun jika anda ingin berkunjung langsung ke tempat pembuatan jenang Mirah. Kita bisa berkunjung ke pusat oleh - oleh jenang Mirah yang beralamatkan di Jalan Raya Ponorogo - Trenggalek KM &, dekat Pondok Modern Gontor.



Sekian pembahasan mengenai Jenang Mirah ini, Jika anda berkunjung ke kota Reyog ini jangan lewatkan buah tangan yang harus anda bawa sekalian.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Jenang Mirah Sensasi Kelembutan Kuliner Asli Ponorogo Rating: 5 Reviewed By: Unknown