728x90 AdSpace

latest post
Friday, November 25, 2016

Gunung Beruk, Obyek Wisata Di Karangpatihan Ponorogo

Seputaranponorogo.blogspot.com,- Gunung Beruk merupakan salah satu penampakan alam di Ponorogo yang akhir-akhir ini ramai di bicarakan publik. Mulai dari anak - anak sampai orang dewasa. Apa yang menjadi penyebabnya. Berikut cuplikan yang dapat kami sampaikan.

Sekilas Tentang Gunung Beruk


Siapa yang saai ini tidak mengenal Gunung Beruk ?. Gunung yang berada di Dusun Tanggungrejo, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong ini pada awalnya hanyalah bukit tandus yang tidak memiliki wahana wisata sama sekalidan yang ada hanyalah pemandangan dari gunung-gunung lain yang dapat kita lihat jika kita naik ke puncak gunung Beruk namun pada akhirnya dari situlah muncul gagasan untuk dapat memanfaatkan kekayaan alam yang disajikan jika berada di puncak Gunung Beruk. Berkat apresiasi dari salah satu universitas di Jogjakarta yang sebelumnya sempat melakukan KKN di daerah itu kemudian mereka memiliki inisiatif untuk membantu pemuda-pemuda di daerah itu untuk mengembangkan potensi kekayaan alam yang ada, yang mungkin nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan membangun rumah pohon kecil di atas pohon di puncak Gunung Beruk misalnya, untuk menikmati pemandangan alam sekitar mereka lantas mengeksposnya di media sosial. Dari ditulah nama Gunung Beruk mulai menjadi viral di media sosial dan ramai di perbincangkan para traveler-treveler muda yang penasaran dengan keindahan alam yang ada di daerah tersebut.

Dari puncak Gunung Beruk sendiri pengunjung dapat menikmati keindahan gunung-gunung di sekitarnya seperti Gunung Bangkong yang terlihat sangat gagah jika dilihat dari puncak Gunung Beruk.

Keramaian Gunung Beruk ini tak lepas dari usaha pemuda-pemuda daerah Karangpatihan yang ingin mengangkat nama desanya yang selama ini hanya terkenal karena ketertinggalannya. Antusias para pemuda itu ternyata tidak sia-sia, kini nama Gunung Beruk telah ramai dikalang traveler baik muda, dewasa, maupun anak-anak yang penasaran dengan keindahan alam tersebut.

Gubuk Baca di kawasan wisata Gunung Beruk @eva_herdi

Kini di sana juga juga telah sediakan beberapa macam outbound yang sangat menantang sehingga pengunjung tak hanya melihat alam sekitar saja tapi juga bisa menyatu dengan suasana alam di kawasan Gunung beruk itu sendiri. Seperti ada Gubuk Baca dan Rumah Pohon yang dapat di naiki pengunjung untuk menikmati pemandangan alam sekitar atau hanya sekedar berfoto-foto saja. Dan juga fasilitas-fasilitas lain yang di sediakan secara percuma-cuma tentunya. Para pemuda di sana ingin meningkatkan sarana untuk meningkatkan kualitas dari Gunung Beruk sendiri tentunya.






                                                       Bagaimana Kita Kesana ?
Lantas, jika kita pendatang baru dan ingin menikmati keindahan alam dari Gunung Beruk ini, bagaimana kita dapat menuju lokasi ?



Bagi kalian pendatang baru dari luar kota atau pun luar provinsi yang penasaran dan ingin menikmati suasana diatas rumah pohon di Gunung Beruk, tidak usah khawatir. Karena akses jalan menuju lokasi pun cukup mudah dijangkau. Selain roda dua, kendaraan roda empat pun juga bisa masuk ke kawasan gunung tersebut. Berikut analisa lokasi yang dapat kami tunjukan untuk dapat menuju ke lokasi tersebut.



Pertama, jika kita berawal dari alun-alun Ponorogo kita dapat memilih apah mau lewat jalur Sumoroto atau jalur Balong. Tapi saya sarankan lewat jalur Sumoroto.



Dari alun-alun tadi kita menuju ke utara tepatnya sampai perempatan Tambakbayan kemudian belok kekiri/barat. Lurus sampai menuju pertigaan pasar Sumoroto. Setelah sampai di pertigaan kita belok ke kanan/selatan lurus samapi ada perempatan besar ke dua yaitu perempatan Karangpatihan sendiri. Sesampainya disana kita lurus ke selatan sekitar -/+ 500 meter ada gapura di kanan jalan. Nah sampailah kita di petunjuk pertama menuju lokasi wisata Gunung Beruk. Mulai dari situ kita hanya tinggal mengikuti petunjuk yang telah di sediakan oleh warga setempat.


Gunung Beruk
Pemandangan sekitar Gunung Beruk @muchlas Adi

Akhirnya sampai juga kita di penutup sesi tentang keindahan pemandangan yang di sajikan oleh Gunung Beruk. Tapi sebelum berangkat jangan lupa untuk membawa perbekalan pribadi. Pasalnya di lokasi belum ada penjual makanan jika kita kelaparan. Dan satu lagi, jangan lupa juga membawa handphone atau kamera untuk mengabadikan momen-momen indah kitika berkunjung disana. Sekian berita dari saya jangan lewatkan juga


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Gunung Beruk, Obyek Wisata Di Karangpatihan Ponorogo Rating: 5 Reviewed By: Unknown